Kamis, 14 April 2011

ROSSA

Biografi :

Rossa memiliki nama lengkap Sri Rossa Roslaina Handiyani, lahir di Sumedang, Jawa Barat, 9 Oktober 1978. Ia merupakan penyanyi beraliran pop yang kini menjadi istri Yoyo, salah seorang anggota grup band Padi.

Darah Rossa sebagai penyanyi mengalir dari ibunya, Eni Kusmiani, yang mantan penyanyi Cianjuran dan ayahnya seorang wiraswasta, Ukas Hasan Irawan. Ia sendiri anak pertama dari tiga bersaudara, Iwan dan Hendra.

Debut album Rossa berjudul UNTUK SAHABATKU, dirillis 1988, berisi lagu anak-anak yang musiknya dikerjakan Franky Sahilatua, James F Sundah, Uce F Tekol, Areng Widodo dan Alex Lia.

Berikutnya ibu dari Rizky Langit Ramadhan itu merilis album kedua berjudul NADA NADA CINTA (1996), yang memperoleh sambutan luas dari pengemarnya. Semakin populer saat Rossa merilis album TEGAR (2000), di mana lagu tersebut juga menjadi theme-song sinetron arahan Putu Wijaya, SUAMI, ISTRI DAN DIA yang ditayangkan di stasiun TV, RCTI.

Penyanyi yang meraih gelar sarjana dari jurusan FISIP Universitas Indonesia pada Februari 2002 itu, kemudian merilis album HATI YANG TERPILIH (2000), lalu album KINI (2002) dan KEMBALI (2004). Terakhirnya Rossa merilis YANG TERPILIH, album berisi kumpulan lagu-lagunya yang dinyanyikan ulang. Bahkan album ini juga dirilis di Malaysia pada Mei 2007.

Kesuksesan karir solo Rossa membuat ia dipercaya untuk membawakan soundtrack film religi, AYAT-AYAT CINTA. Dibantu oleh artis Melly Goeslaw, Rossa merilis album OST AYAT-AYAT CINTA pada 2008.

Impian terbesar Rossa adalah menggelar konser tunggal yang akhirnya tercapai pada 26 November 2008. Konser tunggal yang bertajuk Persembahan Cinta ini dibantu oleh komposer kenamaan, Erwin Gutawa dan Jay Subiakto diadakan di Jakarta Convention Center (JCC).

Meski sedang dirundung masalah rumah tangga, Rossa seperti tak terpengaruh. Ia malah meluncurkan album kelimanya, ROSSA (2009) dengan lagu andalan Terlanjur Cinta yang diciptakan oleh suaminya, Yoyo. Lagu ini dinyanyikan secara duet bersama Pasha Ungu.

Setelah lama bungkam perihal isu rumah tangganya, akhirnya Rossa membuka diri. Ia mengatakan bahwa ia dan Yoyo telah sepakat untuk pisah rumah. Namun Yoyo bisa datang kapan pun ia mau untuk menjenguk anak mereka.

Meski pisah rumah, bukan berarti Rossa tengah terpuruk. Namun, ia malah menunjukkan ketegarannya sebagai wanita. Demi promosi albumnya, Rossa melakukan tur di tujuh kota yang bertajuk Cerita Cinta Rossa di tiap akhir minggu.

Kisruh rumah tangga yang dialami oleh Rossa sepertinya akan berakhir dengan perceraian. Pada 22 Juni 2009, Rossa mengajukan gugatan cerai terhadap suaminya, Yoyo. Sidang pertama dilaksanakan pada 30 Juni 2009 dan pada 14 Juli 2009, pasangan ini resmi bercerai.

Selepas bercerai, Rossa semakin konsentrasi berkarir dan membesarkan anaknya. Ia pun kembali melepas single teranyarnya, Tega dari album ROSSA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar