Hal yang berbeda antara organisasi
dan manajemen adalah organisasi sebagai alat atau wadah sekelompok orang dalam
mencapai tujuan tertentu, sedangkan manajemen lebih mengarah kepada pengaturan
atau pengelolaan untuk mencapai tujuan tersebut, adapun persamaan dari
organisasi dan manajemen ialah sama-sama memiliki sasaran dan tujuan tertentu
yang ingin dicapai.
Hubungan Organisasi, Administrasi dan Manajemen
Hubungan Organisasi, Administrasi dan Manajemen
Ada beberapa orang yang beranggapan
bahwa sesungguhnya administrasi dan manajemen adalah sama, hanya saja istilah
administrasi digunakan pada badan / organisasi pemerintah, sedangkan istilah
manajemen dipergunakan untuk organisasi swasta. Administrator sama artinya
dengan manajer, tetapi organisasi untuk pemerintah. Hal ini dapat dilihat pada
penggunaan istilah manajer untuk perusahaan swasta yaitu diantaranya manajer pemasaran,
manajer pembelian dan lain-lain. Serta kepala bagian administrasi keuangan,
kepala bagian administrasi kepegawaian dan lain-lain. Jadi dapat disimpulkan
bahwa hubungan antara administrasi organisasi dan manajemen adalah sebagai
berikut :
- Kepemimpinan merupakan arti
dari manajemen
- Melalui manajemen semua
kegiatan di koordinir dan diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan oleh organisasi.
- Administrasi merupakan suatu
kegiatan pelayanan, termasuk di dalam kegiatan administrasi adalah
kegiatan pengelolaan atau manajemen administrasi dapat dilaksanakan di
dalam atau diluar organisasi (formal).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar